Simak Baik-baik, Olahraga Pagi Bisa Memberikan 4 Manfaat Berikut

December 25, 2020 Kesehatan  No comments

 

Kesehatan tubuh bisa dijaga dengan cara olahraga. Ada banyak sekali pilihan olahraga yang dilakukan, salah satunya adalah lari atau jogging. Biasanya jogging dilakukan di pagi hari. Namun, bagi kalangan tertentu, waktu untuk melakukan jogging menjadi perdebatan. Ada yang berpendapat jogging sebaiknya dilakukan di pagi hari, namun sebagian juga ada yang berpendapat jogging lebih baik dilakukan di waktu lain seperti siang atau malam hari.

Berdasarkan penjelasan dari profesor kedokteran olahraga dari University of South Carolina, Russel Pate, momen terbaik untuk berolahraga adalah waktu dimana seseorang bisa konsisten melakukannya. Manfaat dari olahraga yang dilakukan nantinya tergantung pada konsistensi dalam melakukannya.

Waktu terbaik untuk berolaharaga khususnya lari tidak bisa diukur dengan objektif, hal ini berdasarkan penjelasan dari dr.Dyan Mega Inderawati. Tidak ada penelitian di dunia medis yang menentukan dengan pasti waktu terbaik untuk olahraga. Masing-masing pilihan waktu nantinya berdampak pada konsekuensi yang terjadi. Di sisi lain, melakukan olahraga di waktu-waktu tertentu bisa memberikan manfaat tersendiri. Sebagai contoh yakni olahraga pagi seperti jogging bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

4 Manfaat Olahraga di Pagi Hari

  1. Kesehatan lebih baik sepanjang hari

Berdasarkan penjelasan dari ahli kebugaran dari New York, Amerika Serikat, Zack Daley, tubuh akan tersugesti untuk menjaga kesehatan saat melakukan olahraga di pagi hari. Olahraga pagi yang dilakukan seseorang akan membuat tubuhnya terasa bugar dan sehat. Sehingga, niat untuk menjaga kesehatan akan lebih tinggi dan akan meninggalkan pola hidup tidak sehat. Misalnya seperti bermalas-malasan, makan banyak dan kegiatan pasif lainnya perlahan akan hilang. Bahkan, seseorang akan selalu termotivasi untuk melakukan aktivitas fisik seperti naik turun tangga, jalan kaki dan kegiatan menyehatkan lainnya.

  1. Tidur lebih nyenyak di malam hari

            Orang-orang yang melakukan olahraga di pagi hari akan merasakan tidur yang lebih lelap di malam hari, berdasarkan penjelasan dari National Sleep Foundation (NSF). Hal ini akan membuat seseorang yang melakukan olahraga di pagi hari akan membuatnya tidur lebih lelap di malam hari. Namun, jika olahraga dilakukan di malam hari, yang terjadi adalah adrenalin akan masih berlangsung dan membutuhkan sedikit perjuangan untuk istirahat.

  1. Menurunkan tekanan darah

Seseorang yang memiliki penyakit seperti hipertensi membutuhkan obat untuk mengendalikan tekanan darahnya. Padahal, tekanan darah bisa dikontrol dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga. Olahraga di pagi hari bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi tubuh. orang yang berolahraga di pagi hari bisa mengurangi tekanan darah sebesar 10 persen. Kondisi ini terus berlanjut dalam beberapa hari ke depan berdasarkan hasil dari penelitian.

  1. Meningkatkan suasana hati

Olahraga bisa mendorong endorfin sebagai penghilang rasa sakit alami. Dengan melakukan olahraga di pagi hari maka otak akan mendapatkan endorfin di pagi hari sehingga bisa memulai hari dengan lebih optimis. Risiko untuk mengalami stres dan kecemasan tentu akan menurun sehingga seseorang bisa memiliki waktu lebih untuk menyiapkan hari yang lebih produktif.

 

4 manfaat dari olahraga di pagi hari tentu sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga, olahraga secara rutin di pagi hari sangat dianjurkan untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Mencegah penyakit dengan berolahraga sangat penting untuk kesehatan, daripada harus mengalami berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Saat mengalami penyakit tertentu, seseorang tentu harus mengonsumsi obat. Saat ini membeli obat bisa dilakukan secara online malalui aplikasi beli obat online di Klikdokter.

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>